Ini Diam-Diam Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani Dan Rohani

Rahasia Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani_Setiap orang tentu menginginkan badan yang sehat dan jauh dari kata sakit. Hidup sehat sendiri, bisa didefinisikan sebagai suatu kondisi badan yang normal tanpa adanya gangguan duduk kasus entah yang bersifat fisik maupun yang non fisik. Meski setiap orang mendambakan hidup yang sehat, namun nyatanya gangguan fisik bisa serta merta terjadi dan menciptakan seseorang menjadi jatuh sakit. Contoh dari gangguan fisik ialah ketika seseorang mengidap jenis penyakit tertentu. Sementara gangguan non fisik atau rohani ialah ketika seseorang mengalami gangguan jiwa, hati atau  pada pikirannya. Banyak orang yang terlihat tidak sakit secara lahiriah atau jasmani namun ternyata mempunyai kondisi rohani yang memprihatinkan. Mereka yang mempunyai banyak uang ataupun sukses bukanlah jaminan bila jasmani dan rohaninya sehat.
Rahasia Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani Ini Rahasia Dibalik Rasa Sakit Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Hikmah dari rasa sakit bagi manusia   

1. Peringatan bagi tubuh
Rasa sakit yang diderita, bisa jadi merupakan suatu peringatan untuk tingkat kekuatan badan kita. Saat badan mulai terasa sakit, maka hindari kondisi yang sama biar terhindar dari rasa sakit yang mendera. Sakit juga menjadi kesempatan bagi kita untuk mengistirahatkan badan biar tidak terus menerus dipakai untuk bekerja.

Tidak jarang juga bila penyakit yang diderita, umumnya terjadi untuk mencegah datangnya jenis penyakit yang lebih serius lagi.

2. Sakit ialah penggugur dosa
Dalam agama Islam, sakit merupakan penggugur dosa. Seseorang yang tengah menderita sakit menciptakan dosa yang dilakukan oleh tiap anggota badan diampuni.

3. Sakit menciptakan kita lebih erat dengan Pencipta
Rasa sakit yang mendera, biasanya menciptakan seseorang ingat pada Tuhannya. Dengan kondisi fisik yang tengah menderita, mereka akan merasa lemah dan tidak berdaya sehingga mereka akan bersungguh-sungguh dalam memohon proteksi serta kesembuhan pada sang pencipta.

Berbeda dikala seseorang sehat, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi dengan sesama atau bahkan karam dalam banyaknya pekerjaan. Alhasil mereka sering lupa dengan sang pembuat hidup yang berakibat pada jauhnya hubungan insan dengan Tuhannya.

4. Menghindari penyakit batin
Hikmah dari sakit yang diderita, salah satunya ialah bisa menghindarkan kita dari yang namanya sakit batin atau rohani. Manusia yang tidak pernah mencicipi sakit, biasanya akan membentuk langsung yang sombong dan takabur. Bukan hanya itu, namun hatinya juga akan bermetamorfosis garang serta hati yang kaku.

Saat seseorang sakit, mereka akan ingat terhadap sang pencipta dan mencoba lebih erat dengan-NYA. Terlebih bila penyakit yang diderita merupakan jenis penyakit yang parah, umumnya si penderita akan lebih memasrahkan diri tehadap penciptanya. Mereka juga tergerak untuk bertobat dan menjalani kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.

5. Sakit memicu perubahan hidup untuk menjadi lebih sehat
Ketika menderita sakit, orang akan menduga-duga apa yang telah dilakukannya sehingga terkena jenis penyakit tersebut. Jika sudah tahu, mereka akan mulai memperbaiki diri dengan melaksanakan contoh hidup yang lebih sehat dan menghindari kebiasaan jelek yang bisa menciptakan mereka kembali sakit.

Rasa sakit memang mempunyai nasihat tersendiri bagi kesehatan jasmani maupun rohani seseorang. Meski demikian, alangkah baiknya bila kita selalu melaksanakan contoh hidup sehat biar terhindar dari penyakit.

Mereka yang mempunyai jasmani sehat, akan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri melainkan juga untuk lingkungan sekitar. Mereka dengan jasmani yang sehat juga bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Mereka yang dikaruniai jasmani dan rohani yang sehat, juga bisa membantu orang lain yang tengah membutuhkan pemberian dengan baik.

0 Comments

Posting Komentar