9 Manfaat Sayur Asem Buat Tubuh

Manfaat Sayur Asem bagi Tubuh_Di Indonesia ada puluhan bahkan ratusan hidangan makanan yang sudah sangat kita kenal, dan salah satunya yaitu sayur asem. Nama hidangan makanan sehari-hari ini niscaya tidak ajaib di telinga. Hidangan berkuah dengan bermacam-macam sayuran serta bumbu-bumbu khas Indonesia yang disajikan dengan nasi hangat plus ikan asin sebagai pelengkap.

Sayur asem menjadi hidangan Andalan para ibu rumah tangga sebab bahan-bahan yang gampang ditemukan dan proses pembuatannya tidak memakan waktu lama. Bahan-bahan yang dipakai sebagai bumbu sayur ini yaitu asam jawa dan bawang merah. Asam jawa disini sanggup diganti dengan blimbing wuluh. Boleh juga ditambahkan daun kedondong untuk menambah cita rasa asam. Sebagai isian, ada kubis, wortel, kacang panjang, dan jagung. Isian ini sanggup lebih banyak atau lebih sedikit, menyesuaikan selera.

Melihat banyaknya materi yang digunakan, tentu Anda sudah sanggup mengira-ngira berapa banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur asem. Berdasarkan hasil riset terhadap 100 gram sayur asem oleh kementerian kesehatan RI, terdapat kandungan energi sebesar 29 kilo kalori, protein sebesar 0,7 gram, lemak sebesar 0,6 gram, zat besi sebesar 3,1 mg, serta vitamin A, B1, dan C.
Di Indonesia ada puluhan bahkan ratusan hidangan makanan yang sudah sangat kita kenal 9 Manfaat Sayur Asem Buat Tubuh
Besar kandungan nutrisi ini dipengaruhi oleh bahan-bahan yang dipakai untuk memasak sayur asem. Yang mana pada setiap sajian sanggup berbeda-beda. Namun, secara umum sayur asem mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, sebagai berikut:

1. Mengobati Sakit Tenggorokan 
Sebagai materi utama, asam jawa tak hanya menghasilkan rasa asam, tetapi juga bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan. Selain itu asam jawa juga dipakai sebagai obat pereda batuk, menyembuhkan sariawan, bahkan campak, sampai darah rendah.

2. Anti Kanker
Sebaiknya mulai kini Anda menambahkan labu siam sebagai isian pada sayur asem yang Anda buat. Sebagai keluarga umbi-umbian yang berkarbohidrat tinggi, labu siam juga mempunyai manfaat untuk mencegah timbulnya kanker.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah dan Melancarkan Sistem Pencernaan
Salah satu materi untuk isian sayur asem yaitu kacang panjang. Serat yang terkandung dalam sayuran ini ternyata sanggup membantu mengontrol kadar gula di dalam darah dan juga melancarkan sistem pencernaan.

4. Anti Oksidan
Manfaat anti oksidan sanggup Anda dapatkan dengan menambahkan mlinjo ke dalam sayur asem yang Anda santap. Selain sebagai anti oksidan, mlinjo juga bermanfaat untuk mengontrol penumpukan lemak.

5. Membantu Meregenerasi Sel Otot yang Rusak
Untuk memperkaya tekstur, kacang tanah biasa ditambahkan sebagai isian dalam sayur asem. Regenerasi sel otot yang rusak sanggup dibantu dengan mengonsumsi kacang tanah sebab mengandung protein serta nutrisi yang bermanfaat sangat baik bagi badan Anda.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Sudah bukan diam-diam lagi kalau wortel mengandung vitamin A yang sangat banyak. Terbukti kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Ternyata selain wortel, sayuran lain yang mempunyai kandungan yang sama yaitu nangka muda.

7. Mencegah Terjadinya Stroke dan Penyakit Jantung
Kandungan kalium yang ada di dalam nangka muda membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Manfaat lain yang didapatkan dikala mengonsumsi nangka muda yaitu meningkatnya imunitas dan melancarkan peredaran darah.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol
Ini yaitu manfaat lain dari mengonsumsi labu siam serta kacang tanah yang tidak digoreng.

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Tekstur renyah dari kubis ternyata membantu pencernaan sehingga sanggup meningkatkan metabolism tubuh. Jagung bagus juga mempunyai manfaat yang sama ditambah sebagai sumber kalori dan karbohidrat.

Poin-poin yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil manfaat yang didapat dikala mengonsumsi sayur asem. Anda sanggup memperbanyak manfaat di setiap suapan dengan menambah bahan-bahan lain sesuai selera.

Demikian wacana Manfaat Sayur Asem bagi Tubuh. Semoga bermanfaat

0 Comments

Posting Komentar