Peralatan Yang Harus Dibawa Ketika Mudik

Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik_Pusa bulan puasa tengah umat Islam laksanakan beberapa hari ini. Beberapa hari lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba dan pastinya memperlihatkan keceriaan tersendiri bagi kalangan-kalangan tertentu yang menyambut kedatangannya. Bulan Puasa ramdan dan Perayaan Idul Fitri umat Islam ini tak hanya memberi berkah bagi muslim saja tapi juga semua kaum yang ada. Momen sahur dan buka puasa sanggup dimanfaatkan seluruh orang untuk menjajakannya masakan mereka dan meraup rupiah.

Bulan puasa atau bulan Ramadhan khas dengan munculnya iklan sirup salah satu produk ternama dengan aneka episodenya. Bulan ini juga identik dengan acara-acara televisi yang hadir sebelum waktu berbuka dan ketika waktu sahur tiba. Bulan puasa diyakini sebagai bulan yang suci dan bulan yang membuka segala pintu ampunan dari Sang Pemilik Hidup.

Bulan yang hadir selama kurang lebih satu bulan ini alhasil selalu ditunggu-tunggu yaitu hari lebaran atau hari kemenangan. Dikatakan hari kemenangan dikarenakan telah berhasil melewati kewajiban yaitu puasa selama satu bulan lamanya dan menahan segala nafsu dan godaan. Pada hari lebaran yang paling dinantikan belum dewasa usia dini yaitu salam templek yang berupa uang.

Tradisi yang ada di setiap tempat mengenai perayaan hari lebaran berbeda-beda, namun yang utama harus dilakukan ialah sholat ied. Setelah sholat menyambut hari yang fitri, biasanya para jama’ah akan saling berbaris bersalaman sebagai tanda permohonan maaf. Mereka akan berjajar memanjang di area sekitar tempat melaksanakan sholat hingga terjadi antrian yang panjang.
Pusa bulan puasa tengah umat Islam laksanakan beberapa hari ini Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik
Tradisi lain yang merabah dan terkenal yaitu pulang kampung atau biasa disebut dengan istilah pulang kampung yang berasal dari Bahasa Jawa. Mudik yaitu kependekan dari Bahasa Jawa mempunyai arti Mulih Disik atau dalam Bahasa Indonesia Pulang Dulu. Tradisi pulang kampung dilakukan beberapa hari jelang Hari Raya Idul Fitri tiba yang biasanya mengakibatkan kemacetan di segala titik lokasi.

Sebelum mudik, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan cara:
1. Menjaga kesehatan
Hal paling utama yang wajib dilakukan ketika merencanakan pulang kampung yaitu menjaga kesehatan tubuh semoga tetap fit hingga hari itu tiba. Hal ini terlebih bagi Anda yang pulang kampung ke kampung halaman yang berjarak jauh dari kota dimana Anda tinggal. Bagi pemudik yang melaksanakan perjalanan singkat pun tetap harus menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan ketika waktu pulang kampung tiba, kemacetan akan terjadi di hampir semua lokasi sehingga tubuh yang sehat sangat diperlukan. Tubuh yang fit akan memperlihatkan tenaga tersendiri semoga Andatetap bisa menuntaskan perjalanan hingga tujuan. Kemacetan yang terjadi pun sanggup melebihi puluhan kilo meter sehingga jikalau tubuh tidak sehat akan sangat mengganggu.

2. Membeli tiket 
Hal ini harus dilakukan jikalau Anda pulang kampung memakai angkutan umum entah itu jalur darat, udara maupun laut. Pembelian tiket untuk pulang kampung sangat krusial sebab setiap tahun tiket hari lebaran telah habis bahkan sebelum memasuki bulan puasa. Hal inilah yang wajib Anda ketahui sehingga pembelian tiket harus dilakukan jauh0jauh hari sebelumnya.

Selain pembelian yang harus dilakukan cepat, harga tiket yang dipatok ketika menuju hari lebaran pun lebih mahal dari biasanya. Hal ini telah biasa terjadi semenjak dahulu sebab cap hari raya besar telah melekat dan dijadikan ajang untuk mencari keuntungan. Namun, jikalau pembelian tiket Anda lakukan jauh dari hari keberangkatan harganya tentu belum melonjak tinggi.

3. Persiapan peralatan yang harus dibawa ketika mudik
Bila tanggal dan alat transportasi serta tiket telah disiapkan untuk mudik, hal selanjutnya yaitu peralatan yang harus dibawa. Peralatan yang harus Anda bawa yang utama yaitu baju untuk bermalam di kampung halaman tercinta dan alat-alat di bawah ini:

a. Perkakas kendaraan beroda empat atau motor
Hal ini tentu dilakukan khusus bagi Anda pemudik yang memakai kendaraan langsung yaitu kendaraan beroda empat atau motor. Perjalanan yang dilakukan mungkin cukup panjang dan kendaaran sanggup mengalami duduk perkara sewaktu-waktu contohnya ban pecah atau ban kempes dan mesin mati. Sehingga adanya perkakas sangat membantu Anda ketika perjalanan pulang kampung.

Namun, sebelumnya Anda wajib melaksanakan pengecekan kondisi kendaraan layak atau tidak untuk dipakai selama perjalanan mudik. Hal yang perlu dicek diantaranya kondisi aki, lampu-lampu yang ada, ban hingga kelengkapan surat-surat yang dimiliki. Perkakas yang dimaksud yaitu dongkrak, pompa, obeng dan kawan-kawan serta beberapa ban cadangan.

b. Gadget
Hal ini harus dibawa untuk dua (2) alasan yaitu sebagai alat komunikasi dan sebagai alat penghilang bosan ketika melaksanakan perjalanan mudik. Gadget ibarat telepon genggam sanggup Anda gunakan untuk berselancar di internet dan sekedar mendengarkan musik serta ngegame. Jadi, pastikan Anda telah membawa gadget yang dimiliki ketika Anda pergi mudik.

c. Perlengkapan P3K
Ala-alat P3K harus dibawa sebab selama perjalanan kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke anggota keluarga yang ada. Perlengkapan yang ada sanggup berisi obat-obatan langsung dan obat-obatan ringan ibarat betadine, hansaplas dan sebagainya. Ditambahkan pula di dalam kotak P3K ibarat vitamin dan penghilang rasa mual semoga perjalanan tetap nyaman.

d. Bantal dan guling
Membawa peralatan ibarat bantal dan guling memang cukup menyita banyak tempat di kendaraan, namun ini sangat membantu. Bagi Anda yang pulang kampung memakai kendaraan beroda empat tak ada salahnya membawa kedua barang ini untuk menambah rasa nyaman selama perjalanan. Bila dirasa terlalu repot, Anda sanggup membawa sekedar bantal leher yang kecil dan ringan.

e. Kartu tol
Kartu tol yang telah digalakkan pemerintah bersama dengan salah satu bank memang sangat membantu ketika waktu-waktu pulang kampung tiba. Dengan kartu tol Anda tidak perlu mencari uang pas ketika pembayaran sehingga waktu Anda lebih efisien dan transaksi masuk tol cepat. Adanya kartu tol sanggup Anda jadikan pilihan yang bijaksana ketika hendak pulang kampung.

f. Makanan dan minuman
Perjalanan pulang kampung pastinya sangat menguras waktu dan tenaga sebab kemacetan yang ada hampir di seluruh ruas jalan. Sehingga, membawa masakan dan minuman yang cukup sangat disarankan semoga Anda tetap mempunyai stamina yang baik. Makanan yang dibawa sanggup berupa snack-snack ringan atau roti bahkan sanggup pula membawa nasi dan lauk pauknya.

g. Alat sholat dan mandi
Alat ini perlu dibawa semua pemudik yang hendak melaksanakan perjalanan baik bersahabat maupun perjalanan yang cukup jauh. Alat sholat yang Anda bawa akan memudahkan Anda ketika waktu sholat tiba sehingga tidak perlu mengantri santunan alat sholat. Sebelum melaksanakan sholat Anda sanggup membersihkan diri dahulu memakai alat mandi yang ikut serta.

h. Powerbank, headset dan sejenisnya
Teknologi yang semakin canggih memberi efek yang baik terutama dalam hal keefisienan waktu ibarat adanya powerbank. Alat untuk mengisi daya baterai tanpa harus memakai colokan listrik ini wajib Anda bawa ketika berpergian jauh. Ukurannya yang mungil tidak akan memakan banyak tempat di tas Anda, namun manfaat yang diberikan cukup besar.

Demikian sekilas perihal Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik. Semoga bermanfaat

0 Comments

Posting Komentar