Kandungan Asi Dan Keuntungannya Bagi Bayi

Kandungan ASI dan Manfaatnya bagi Bayi_ASI merupakan air susu yang diproduksi oleh badan insan yang mempunyai peranan penting untuk memperlihatkan sumber gizi bagi bayi yang masih belum bisa mencerna masakan padat. Pemberian ASI langsung sangat dianjurkan pada bayi selama 6 bulan pertama sesudah dilahirkan. Banyak yang percaya bahwa perempuan yang pernah mencicipi melahirkan dan menyusui bayi sanggup menciptakan hidupnya semakin sempurna.

Mengapa ASI Eksklusif Sangat Dianjurkan Bagi Bayi?
Dilansir dari American Academy of Pediatric atau yang disingkat dengan AAP mengungkapkan bahwa dianjurkan memberi ASI ekslusif sejak gres lahir hingga 6 bulan setelahnya dan atau paling sedikitnya hingga 12 bulan.

Lalu yang menjadi pertanyaannya yaitu apa sih ASI langsung itu? ASI langsung yaitu masa dimana bayi selama 6 bulan pertama hanya memperoleh air susu ibunya saja tanpa menambahkan masakan dan minuman lainnya ibarat susu formula, bubur, pisang halus, dan lainnya.

Kandungan Air Susu Ibu (ASI) dipercaya sangat baik untuk kesehatan ibu terutama si bayi, alasannya yaitu dalam ASI terkandung zat nutrisi dengan komposisi kualitas dan kuantitas yang ideal bagi kesehatan serta kecerdasan bayi.

Manfaat ASI bagi bayi yakni sanggup menghindari bayi terserang jerawat serta mengurangi risiko terkena obesitas, diabetes, dan asma.

Bagi sang ibu, dengan memperlihatkan ASI langsung pada bayi bermanfaat membantu rahim untuk berkontraksi sehingga pendarahan sesudah melahirkan akan lebih cepat berhenti, serta bisa mengurangi resiko anda terkena kanker ovarium dan payudara.

Selain itu, proses menyusui sanggup mempererat jalinan tali kasih antara ibu dan bayinya.
ASI merupakan air susu yang diproduksi oleh badan insan yang mempunyai peranan penting u Kandungan ASI dan Manfaatnya bagi Bayi
Beberapa Kandungan ASI yang Diyakini Sangat Bagus untuk Perkembangan Bayi:

1. Protein
Protein merupakan kandungan ASI yang pertama yang baik bagi perkembangan bayi. Protein sendiri terdiri dari 2 jenis yakni whey dan kasein. Dalam kasus ini, kadar whey pada ASI lebih tinggi dibanding dengan kasein.

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, protein whey lebih gampang untuk diserap usus bayi yang masih lemah sedangkan protein kasein lebih susah untuk diserap.

Jumlah tersebut berbanding terbalik dengan yang ada pada susu sapi yang mempunyai kasein lebih banyak dibandingkan dengan ASI. Selain itu hanya pada susu sapi atau susu formula tertentu, terkandung kandungan beta laktoglobullin yang sanggup memicu reaksi alergi.

2. Karnitin
Selain protein kandungan ASI baik lainnya yaitu Karnitin yang berkhasiat untuk mempertahankan metabolisme. Kadar karnitin pada ASI lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi atau susu formula lainnya.

3. Lemak
Kadar lemak yang cukup tinggi pada ASI sangat diharapkan oleh bayi biar tumbuh kembang otaknya sanggup lebih sehat lagi. Lemak baik yang terkandung dalam ASI antara lain:
  • Omega 3 dan omega 6
  • Asam dokosaheksnoik (DHA) 
  • Asam arakidonat (ARA),
  • Asam lemak jenuh
Kandungan ARA dan DHA sangat diharapkan untuk kesehatan retina bayi. Pada dasarnya keberadaan asam lemak jenuh tidak disukai oleh orang-orang alasannya yaitu tidak baik bagi kesehatan pembulu darah dan jantung, tapi jangan khawatir alasannya yaitu kadar asam lemak jenuh pada ASI sangat rendah dibandingkan dengan susu sapi.

4. Karbohidrat Laktosa
Sama halnya dengan protein, karbohidrat laktosa pada ASI juga berperan penting bagi perkembangan otak bayi bahkan kadar karbohidrat laktosa pada air susu ibu 2 kali lebih tinggi daripada susu sapi ataupun susu formula.

5. Vitamin A
Seperti yang telah diketahui, vitamin A sangat elok bagi kesehatan kulit dan mata, Vitamin A juga sanggup meningkatkan kekebalan tubuh, pembelahan sel, serta baik untuk pertumbuhan. Selain vitamin A, kandungan ASI lainnya yang tak kalah banyak yaitu beta karoten.

Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa bayi yang diberi air susu ibu (ASI) langsung akan mempunyai daya tahan badan yang lebih baik daripada yang tidak.

0 Comments

Posting Komentar