Cara Gampang Berguru Mengoperasikan Komputer/Laptop Secara Otodidak

Tips-Cara Praktis Belajar Mengoperasikan PC/Komputer atau Laptop secara Otodidak_
Sekarang ini komputer/laptop seolah menjadi kebutuhan umum yang diharapkan oleh hampir semua orang. Karenanya, pengetahuan mengenai cara mengoperasikan komputer/laptop ialah sesuatu hal mutlak yang harus dimiliki. Makanya ada banyak orang yang berusaha memanfaatkan hal ini dengan membuka kursus komputer/laptop.

Kalau Anda tidak tertarik mengikuti kursus tersebut, Anda sanggup kok berguru komputer/laptop ini secara berdikari atau secara otodidak. Ada banyak rujukan cara gampang berguru mengoperasikan komputer/laptop secara belajar sendiri di internet, salah satunya ibarat yang dijelaskan di bawah ini:

Cara Belajar Mengoperasikan Komputer/Laptop dengan Praktis dan Cepat Bis
laptop seolah menjadi kebutuhan umum yang diharapkan oleh hampir semua orang Cara Praktis Belajar Mengoperasikan Komputer/Laptop secara Otodidak

1. Awali dengan Niat
Setiap kali hendak melaksanakan apapun memang sebaiknya harus diawali dengan niat, termasuk ketika akan berguru mengoperasikan komputer/laptop. Dengan menanamkan niat ibarat ini, maka badan Anda akan bergerak dengan sendirinya untuk ulet mempelajari banyak sekali hal yang berkaitan dengan komputer/laptop.

Anda sanggup menuliskan niat ini pada kertas kemudian tempelkan di tempat-tempat yang gampang Anda lihat. Sebagai penguat, Anda juga menuliskan banyak sekali hal yang hendak Anda lakukan kalau sudah berhasil menguasi komputer/laptop nanti. Sedikit banyak ini sanggup mempunyai kegunaan untuk memacu semangat berguru Anda.

2. Pahami Dasar-Dasar Komputer
Layaknya bangunan yang ada pondasi atau dasarnya, ilmu komputer/laptop juga sama, ada dasarnya juga. Sebaiknya Anda mempelajari dasar-dasar ini terlebih dahulu. Dasar-dasar komputer/laptop ini ada 3 yaitu hardware, software serta brainware. Hardware ialah komponen komputer/laptop yang sanggup disentuh secara fisik.

Software ialah perangkat lunak komputer/laptop yang mustahil sanggup disentuk secara fisik, sementara brainware ialah pengguna komputer/laptop. Pastikan Anda memahami ketiga dasar komputer/laptop ini dengan baik ya.

3. Kuasai Mouse dan Touchpad
Untuk pemula, mouse ini sanggup menjadi sesuatu yang sulit untuk dikuasai, dan pada laptop, bab mouse diganti dengan touchpad. Bentuk kesulitan dalam memakai mouse dan touchpad ini terlihat dari cara penggunaannya yang masih kaku.

Nah, supaya Anda tidak kaku dalam menggerakkan mouse dan juga touchpad, Anda sebaiknya terus berlatih supaya Anda sanggup mengendalikan kursor dengan baik. Jangan lupa untuk berlatih melaksanakan klik dengan mouse dan touchpad juga ya.

4. Menggunakan Sistem Operasi
Kebanyakan sistem operasi yang dipakai pada komputer/laptop ialah Windows, jadi cara yang keempat ini mengharuskan Anda menguasai Windows tersebut. Dalam hal ini, Anda harus menemukan cara untuk menghidupkan komputer/laptop, mematikan komputer/laptop, me-restart komputer/laptop, membuka dan menutup suatu program, membuka dan menyimpan file dan lain-lain.

5. Belajar Menggunakan Keyboard
Setelah Anda terbiasa dengan mouse dan touchpad, serta sudah paham mengenai sistem operasi, selanjutnya Anda perlu berguru memakai keyboard. Anda sanggup mencoba mengetikkan nama atau kata-kata lain yang ada di pikiran Anda. Jangan takut salah, kalaupun Anda salah mengetikkan huruf, Anda sanggup segera menghapusnya dengan tombol ‘Backspace’ yang ada pada keyboard.

Selain ‘backspace’ Anda akan melihat tombol-tombol lain yang diberi nama berbeda sesuai dengan fungsinya, selain abjad dan angka tentunya. Di sana ada tombol enter, tombol shift, page up, page down, ctrl, printscreen, Alt, Tab serta Capslock. Pastikan Anda memahami semua hal itu ketika berguru memakai keyboard ini ya.

Kaitannya dengan mengetik Anda sanggup mengetik dengan cepat, Anda sanggup mengikuti tips yang ada di bawah ini:

a. Gunakan satu jari telunjuk saja terlebih dahulu untuk mencari huruf
b. Jika Anda sudah agak hafal atau minimal tahu dengan lokasi abjad dan angka pada keyboard, cobalah gunakan dua tangan sekarang, satu tangan khusus jempol untuk menekan spasi dan satu tangan lagi khusus telunjuk untuk mencari huruf
c. Kalau Anda sudah paham dengan hal ini, kini coba manfaatkan jari sebanyak mungkin untuk mengetik

6. Mulailah Belajar Shortcut Komputer/Laptop
Setelah Anda sanggup mengetik dengan lancar, selanjutnya pelajari juga shortcut komputer/laptop. Shortcut ialah jalan pintas untuk menunjukkan sebuah perintah. Shortcut ini ada dua yaitu shortcut yang ada pada desktop dan shortcut yang ada ada keyboard. Shortcut yang ada pada desktop berupa ikon.

Tetapi shortcut pada keyboard ialah shortcut untuk menunjukkan perintah dengan cara memakai tuts keyboard. Anda harus mempelajari hal ini alasannya shortcut keyboard sangat bermanfaat dalam mempercepat proteksi perintah pada komputer/laptop. Beberapa pola shortcut keyboard ialah sebagai berikut:

a. Ctrl + C untuk mengcopy atau mencatat item
b. Ctrl + X untuk memindahkan item
c. Ctrl + V untuk mem-paste item atau menempetkan item yang telah dicopy atau di cut sebelumnya
d. Ctrl + Z untuk mengembalikan proses yang terakhir kali
e. Delete untuk menghapus item
f. Ctrl + A untuk menentukan semua item
g. Ctrl + P untuk ngeprint

7. Jangan Takut Salah
Biasanya rasa takut salah ini ada ketika Anda memakai komputer/laptop orang lain. Nah, supaya Anda tidak merasa demikian, sebaiknya miliki komputer/laptop pribadi. Tak duduk masalah walaupun harganya murah. Jika memang Anda tidak ada uang untuk ini, Anda sanggup berguru komputer di warnet. Apa ini harus bayar? Tentu saja iya.

Jangan lupa bawa sobat yang sudah paham mengenai hal ini, supaya ketika nanti ada sesuatu yang Anda bingungkan, Anda sanggup bertanya pada sobat tersebut.

8. Konsisten
Salah satu penentu keberhasilan Anda berguru mengoperasikan komputer/laptop ini ialah konsistens dalam mempelajarinya. Sebenarnya ini bukan hanya mengenai berguru komputer/laptop saja, berguru yang lain juga sebaiknya dilakukan dengan konsisten.

Konsisten tidak selalu berarti Anda harus meluangkan banyak waktu dan berguru komputer/laptop secara terus menerus. Cukup sediakan waktu kira-kira selama 2 jam saja. Jika Anda melakukannya dengan tekun dan disiplin, waktu yang hanya 2 jam ini sanggup menunjukkan banyak pengetahuan pada Anda.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Belajar Komputer/Laptop secara Otodidak

1. Cari warta sebanyak-banyaknya ihwal komputer/laptop. Informasi ini sanggup Anda dapatkan dengan banyak sekali cara, baik itu bertanya pada orang lain yang paham akan komputer/laptop ataupun membaca buku yang membahas ihwal pengoperasian komputer/laptop

2. Miliki buku panduan mengoperasikan komputer/laptop. Sebenarnya ini masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya ya. Tetapi, alasannya di sini status Anda masih pemula, maka Anda sebaiknya membeli buku-buku panduan yang juga ditujukan untuk pemula. Jangan pribadi membeli buku yang ditujukan untuk kalangan profesional alasannya Anda niscaya akan kesulitan memahaminya

3. Upayakan semoga Anda selesai membaca buku panduan sebelum memulai praktek. Tetapi ini opsional sih, artinya, kalau Anda ingin membaca satu bab kemudian mempraktekkannya pribadi juga boleh

4. Jangan ragu untuk bertanya pada orang lain kalau Anda mengalami duduk masalah yang jawabannya tidak ada dalam buku. Otodidak memang artinya berguru secara mandiri, tetapi ini tidak berarti Anda dihentikan bertanya pada orang lain. Justru sebaliknya, Anda sangat disarankan untuk bertanya supaya pemahaman Anda sanggup bertambah

5. Jangan bosan untuk mengulang-ulang banyak sekali pelajaran yang telah Anda serap. Biasanya ini ialah hal yang paling menyebalkan, tetapi dalam proses belajar, kata bosan ini harus disingkirkan jauh-jauh.

Demikian ihwal Cara Praktis Belajar Mengoperasikan Komputer/Laptop secara Otodidak. Semoga Anda cepat sanggup mengoperasikan PC/Laptop.

0 Comments

Posting Komentar