Cara Benar Menciptakan Judul Artikel Blog Yang Baik Untuk Menarik Perhatian Pengunjung

Cara Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik_Sobat Blogger, judul artikel ini sengaja tidak saya kasih judul"Cara Membuat Judul yang Unik dan Menarik", alasannya yakni saya yakin kalau teman-teman niscaya sudah paham perihal arah goresan pena saya. he he. Sobat Blogger, untuk menghadapi persaingan dalam dunia blogging memang kita selalu butuh ilmu yang lebih dalam lagi, semoga blog kita semakin hari selalu bertambah pengunjungnya. Yang pasti, untuk merawat blog kesayangan kita, tentu kerja keras dalam membangun blog mutlak diperlukan. Salah satu cara semoga blog kita tetap menjadi blog kesayangan kita dan para pengunjung, maka kita harus mengisi blog dengan artikel-artikel yang bermanfaat.
Cara Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik Cara Benar Membuat Judul Artikel Blog yang Baik untuk Menarik Perhatian Pengunjung

Lalu bagaimana semoga artikel yang bermanfaat tersebut dapat nyata-nyata mempunyai kegunaan bagi pengunjung?, ya ya tentunya kita harus berusaha semoga artikel kita terbaca oleh para pengunjung. Ahaa, kan sangat disayangkan jikalau kita sudah menyajikan artikel unik namun kurang bermanfaat dikarenakan orang lain yang membaca artikel kita jumlahnya hanya sedikit.

A. Kategori Pengunjung Blog

Sobat Blogger, sebelum ke inti masalah, yuk kita mengingat kembali perihal darimana asal pengunjung yang membaca blog kita, sebagai berikut kategorinya:

1. Pengunjung yang tiba lewat mesin pencari ( mengeklik link url tertentu)
Pengunjung yang paling diharapkan oleh para Blogger yakni pengunjung yang menemukan artikel blog kita via mesin pencari Google, Yahoo, Bing, dan mesin pencarian lainnya.

2. Pengunjung yang tiba lewat media umum (mengeklik link url tertentu)
Pengunjung yang membaca artikel kita alasannya yakni pengunjung tersebut menemukan link menuju blog kita di sosmed menyerupai Google+, facebook, twitter, dan medsos lainnya. Di mana link-link artikel tersebut merupakan hasil share kita maupun hasil mengembangkan para pengunjung yang tertarik dan tulus untuk membagikannya di medsos.

3. Pengunjung setia (mengklik url utama, misal pribadi memasukkan www.carangeblog.com)
Pengunjung jenis ini merupakan para pengunjung yang sudah berulang kali berkunjung ke blog kita, baik pengunjung dari kalangan Blogger maupun non Blogger.

4. Pengunjung yang tiba dari arah manapun dan tertarik dengan artikel lainnya di blog kita.
Nah semoga pada kategori yang merupakan adonan dari 3 kategori sebelumnya ini dapat sukses, para Blogger harus dapat menciptakan judul yang menarik minat para pengunjung untuk mengeklik link dan akibatnya membaca artikel yang  kita suguhkan.

Mengapa Blogger wajib menciptakan judul yang se-menarik mungkin untuk memikat hati para calon pengunjung blog?

Ceritanya begini sob:

Ternyata, saat orang mencari artikel di mesin pencari dan telah disuguhi 10 judul dan kutipan artikel di halaman awal, maka secara budi si calon pengunjung blog ini akan mengeklik judul/link url yang berada di urutan pertama/paling atas.

Nah itu logikanya, dan memang yang terjadi seringnya demikian. Namun dapat juga sesudah membaca artikel yang berada di urutan pertama, mereka kurang puas sehingga mereka mencoba membaca artikel yang terletak pada posisi kedua di halaman hasil pencarian serta berlaku seterusnya hingga artikel yang menempati urutan ke-10 pada page awal, dimungkinkan juga hingga ke halaman ke-2 dan seterusnya.

Jadi, jikalau artikel Anda sudah dapat menempati halaman awal hasil pencarian Google, di sinilah para pengunjung akan mencari artikel yang kiranya paling cocok bagi mereka, sehingga tugas judul yang menarik sangat diperlukan.
Sebagai contoh, ada judul "Cara Membuat Blog" dan Cara Mudah Membuat Blog", maka yang lebih berpotensi diklik yakni yang ada kata penguatnya dalam judul yakni "Mudah".
Ternyata juga, saat para pengguna medsos melihat link artikel kita yang sedang melintas di facebook, twitter, dan sosmed lainnya, maka kemungkinan besar mereka akan mengeklik link tersebut jikalau mereka membutuhkan dan tertarik dengan judul artikel kita.

B. Cara Membuat Judul Blog Menggunakan Kata yang Menarik

1. Gunakan Kata Berawalan ter yang bermakna paling dan/atau pakai kata paling

Contoh: 
  • terbaru
  • terbaik
  • termudah
  • terkuat
  • tercepat
  • paling jitu
  • paling laris
  • paling nikmat
  • paling praktis
2. Gunakan Kata "Download"
Jika artikel Anda berisi penyuguhan link download file tertentu, maka kata "Download" sangat diharapkan di awal judul blog Anda.

Misal: judul "Download Kumpulan Lirik Lagu Anak-Anak" akan lebih menarik daripada pertolongan judul yang tidak ada kata downloadnya. Sebelum pengunjung menegklik link menuju blog Anda, mereka sudah berpikir untuk mengunduh lirik lagu. Ya tentunya mereka lebih menentukan mendownload file daripada copi paste lirik lagu.

3. Gunakan Kata yang Sifatnya Menjadi Penguat Kata Sebelumnya
Kata penguat yang dapat untuk menguatkan kata sebelumnya seperti: mudah, cepat, gratis, jitu, praktis, tepat, dan lain-lain.
Contoh penggunaan:
  • Cara Mudah Membuat Website
  • Cara Cepat Menghasilakan Uang lewat Internet
  • Download Gratis Template Blog Responsif
  • Jurus Jitu Memperbanyak Pengunjung Blog
  • Cara Praktis Membuat Blog dalam 3 Menit
Nah kata-kata tersebut sangat cocok untuk artikel yang berupa tutorial/panduan/trik tips. 

4. Tentukan Waktu
Untuk artikel yang bertema pendidikan, kesehatan, dll, kita dapat memanfaatkan penentuan waktu:
  • Cara Hafal Perkalian 1-100 dalam 5 Menit
  • Cara Menghilangkan Jerawat dalam 1 Minggu
Nah, itu dulu tentang Kumpulan Kata Jitu untuk Menarik Perhatian Pengunjung Blog. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar