10 Cara Menentukan Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

Tips-Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa_Mahasiswa juga termasuk salah satu orang yang membutuhkan laptop dalam kesehariannya. Entah itu untuk mengerjakan tugas, melaksanakan pekerjaan sampingan, alat komunikasi sampai alat untuk hiburan. Karena beragamnya kiprah laptop tersebut, seorang mahasiswa yang hendak membelinya harus benar-benar bersikap selektif. Pilih laptop yang benar-benar mumpuni untuk melaksanakan semua itu.

Namun, kini ini sudah banyak sekali laptop dengan banyak sekali spesifikasi di pasaran. Memang dengan begini mahasiswa jadi mempunyai banyak pilihan laptop yang paling sesuai dengan kebutuhannya, tetapi ini juga sekaligus menjadi suatu hal yang membingungkan terutama bagi yang masih awam dengan soal laptop.

Apakah Anda salah satunya? Jika iya, mari coba simak cara menentukan laptop yang baik untuk mahasiswa berikut ini:

Cara Memilih Laptop yang Sesuai untuk Mahasiswa
Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa 10 Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa
1. Pikirkan dengan Baik untuk Apa Laptop Tersebut
Memang ini tampak tidak penting, alasannya yakni biasanya laptop difungsikan untuk mengetik, browsing, mengatur gambar, ukuran kertas dan lain-lain. Tetapi, ini justru yakni hal yang harus Anda pikirkan pertama kali sebelum Anda membeli. Kenapa? Karena dengan memikirkan hal tersebut, Anda jadi bisa menentukan spesifikasi laptop yang cocok untuk Anda.

Jika Anda hanya akan memakai laptop untuk mengetik, maka laptop yang biasa saja sudah cukup. Tetapi bila Anda yakni mahasiswa jurusan desain grafis, misalnya, yang notabenenya harus menginstall software yang agak berat, maka Anda harus mencari laptop yang mumpuni untuk dipasangi software tersebut. Jadi, sekali lagi, pikirkan dengan baik ya.

2. Sesuaikan dengan Budget
Anda sudah memikirkan poin pertama? Oke, kini saatnya Anda menyesuaikan spesifikasi laptop yang Anda inginkan dengan budget yang Anda sediakan. Harga laptop ini tentu sangat bervariasi, dan semua niscaya oke bila kata ‘mahal’ dan ‘murah’ itu yakni sesuatu yang sifatnya subjektif.

Tetapi, demi mendapat laptop terbaik untuk mengakomodasi banyak sekali kebutuhan Anda, mengeluarkan biaya agak banyak tidak problem bukan? Daripada Anda membeli laptop yang biasa saja tetapi tidak bisa membantu Anda menuntaskan tugas, kan percuma Anda membeli laptop tersebut.

3. Cari Info Harga Laptop
Supaya Anda bisa menyiapkan dana dengan pas, tak ada salahnya Anda melaksanakan survei kecil-kecilan mengenai harga laptop. Anda bisa melaksanakan hal ini bahkan tanpa perlu berkeliling toko laptop. Cukup manfaatkan internet, buka marketplace kemudian lihat berapa harga umum laptop untuk spesifikasi yang telah Anda tentukan tadi.

4. Aktifitas Multitasking
Ketika Anda menentukan spesifikasi laptop, ada baiknya Anda juga sekaligus tetapkan bahwa laptop yang bisa melaksanakan aktifitas multitasking dengan baik layak untuk dipilih. Kenapa? Karena sebagai mahasiswa, besar kemungkinannya Anda akan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu.

Misalnya, ketika sedang mengerjakan tugas, Anda membuka Microsoft Word. Karena tidak suka dengan suasana sepi, Anda ingin memutar lagu. Dan bila sedang lelah, Anda bisa sejenak bersantai sambil nonton film tanpa menutup Microsft Word ataupun aplikasi musik tersebut terlebih dahulu.

Nah, Anda sebaiknya menentukan laptop yang demikian ini. Memang semua laptop sudah bisa melaksanakan multitasking yang terhitung ringan tersebut. Tetapi ada baiknya Anda mempertimbangkan laptop yang bisa menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus.

5. Pre Installed Windows
Selanjutnya, pilih laptop yang sudah include dengan sistem operasi windows original. Ini yakni sesuatu yang sangat menguntungkan dibandingkan dengan sistem operasi yang bajakan, terutama dari segi keamanan data Anda. Apalagi sistem operasi original harganya sangat mahal.

6. Garansi
Jangan sekali-kali menentukan laptop yang tidak disertai garansi. Apa pasal? Karena bila nanti laptop Anda mengalami masalah, bila masa garansinya masih berlaku, maka Anda hanya perlu membawa ke daerah dimana Anda membeli laptop tersebut. Biasanya biayanya ini masih gratis dengan catatan kartu garansi tidak hilang.

7. Ukuran Laptop yang Portable
Yang direkomendasikan yakni laptop yang ukuran layarnya 13 inchi. Ukuran ini sudah bisa menawarkan keseimbangan antara penggunaan dan juga portabilitas. Tetapi bila Anda tidak suka, Anda bisa menentukan laptop yang ukuran layarnya antara 11 inchi sampai 14 inchi. Sebaiknya jangan menentukan yang lebih kecil dari 11 inchi, dan jangan menentukan yang lebih besar dari 14 inchi.

Ukuran layar yang kurang dari 11 inchi memang sangat bisa dibawa kemana-mana dan tidak membutuhkan ruang yang luas untuk menyimpannya. Tetapi ukuran layar yang hanya segini terang menawarkan beberapa keterbatasan pada Anda, terutama bila Anda ingin melihat 2 layer sekaligus.

Sebaliknya, bila Anda menentukan laptop yang ukuran layarnya lebih besar dari 14 inchi, ini juga cukup menyulitkan, alasannya yakni biasanya laptop yang 14 inchi saja sudah cukup berat dan membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya, apalagi yang lebih dari 14 inchi.

8. Dukungan Aplikasi
Sebaiknya pilih laptop yang bisa menampung banyak aplikasi. Mengapa? Karena laptop yang menyerupai ini sangat bisa membantu Anda menuntaskan kiprah kuliah Anda. Maka dari itu, periksa laptop yang hendak dibeli terlebih dahulu dengan baik.

9. Storage
Selanjutnya, pertimbangkan laptop yang hardisk storagenya sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, hardisk dengan 320GB saja sudah cukup untuk mahasiswa, tetapi Anda bisa menentukan yang 500GB biar kinerjanya lebih optimal.

10. Beli di Toko yang Terpercaya dan Cek Kelengkapannya
Wajib bagi Anda untuk membeli laptop di toko yang terpercaya, baik itu toko offline maupun toko online. Selanjutnya, sebelum Anda membawa laptop pulang, cek terlebih dahulu kelengkapannya. Pastikan bahwa kondisi laptop memang sedang tersegel baik di bab luar maupun bab dalamnya. Cek juga kelengkapan yang lainnya menyerupai charger, tas serta mouse.

Tips Membeli Laptop Bekas
Ketika Anda sedang mempertimbangkan laptop bekas untuk Anda pilih, inipun sebaiknya tidak Anda lakukan dengan sembarangan. Ikuti beberapa tips singkat di bawah ini biar Anda mendapat laptop bekas yang terbaik, yang bisa membantu Anda menuntaskan banyak sekali kiprah yang dibebankan kepada Anda, antara lain:

1. Sebelum Anda masuk ke lembaga yang menjual laptop bekas, ada baiknya Anda bertanya-tanya pada sobat Anda terlebih dahulu, adakah yang ingin menjual laptopnya ataukah tidak. Kalaupun tidak, Anda bisa meminta rekomendasi pada mereka, dimanakah daerah yang terpercaya untuk membeli laptop bekas

2. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa kisaran harga pasar laptop bekas yang Anda maksud. Dengan begini, Anda bisa menjadikannya sebagai dasar untuk melaksanakan perundingan dengan sang penjual

3. Selanjutnya, cari laptop bekas yang masa pakainya masih di bawah 1 tahun. Biasanya laptop bekas dengan masa pakai singkat menyerupai ini masih ‘dilindungi’ oleh garansi sehingga kualitasnya masih cukup terjamin. Jangan tergiur dengan laptop bekas murah tetapi masa pakainya sudah bertahun-tahun, alasannya yakni laptop yang menyerupai ini ada kemungkinan sudah pernah mengalami kerusakan

4. Periksa kondisi hardware laptop, pastikan bahwa semuanya baik-baik saja dan sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh si penjual. Lakukan investigasi ini secara menyeluruh. Tidak perlu merasa sungkan dengan penjual sekalipun investigasi ini membutuhkan waktu yang lama, alasannya yakni di sini status Anda yakni calon pembeli, bukan peminta.

5. Selanjutnya, pastikan bahwa spesifikasi laptop memang sesuai dengan yang telah disebutkan oleh penjual.  Untuk melakukannya, Anda bisa membuka sajian setting, atau bisa juga dengan menekan Start + R pada keyboard, kemudian ketik dxdiag, sehabis itu tekan enter.

Demikian tentang Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar