Tips Supaya Terbiasa Tahajud Ala Orang Awam

Halo Pelanggan Rajasoal.com- Tips Agar Terbiasa Tahajud Ala Orang Awam
 
Tips semoga terbiasa tahajud memang sudah banyak dibahas oleh para ustadz dan guru-guru kita. Namun tidak salah kiranya jikalau aku mencoba menuangkan sedikit pengalaman ihwal tips semoga terbiasa tahajud. Tips ini merupakan pengalaman aku seorang awam dalam agama dan masih belajar, aku bukan ustadz atau guru ngaji tapi seorang insan biasa yang ingin menjadi muslim sejati.
 
Muslim sejati yaitu ia yang selalu menghabiskan hidupnya dalam rangka ibadah. Segala aktivitasnya ia niatkan untuk mencari keberkahan dan ridho Alloh SWT. Selain dengan ibadah-ibadah yang wajib, seorang muslim sejati akan bahagia menambah ibadah-ibadah yang sunah sebagai tambahan. Dalam Al-Quran dan Hadist Nabi ada beberapa ibadah sunah diantarnya yaitu shalat tahajud. Tapi sayangnya tidak setiap orang bisa melaksanakannya. Tapi aku yakin setiap muslim ingin terbiasa tahajud. Dan berharap setiap malam bisa bangkit untuk tahajud. Tetapi dengan banyak sekali alasan dan hambatan sehingga ia tidak sempat melaksanakannya, sehingga malam-malamnya hanya dihabiskan dengan tidur.
 
Padahal dikala bulan ramadhan, kita bisa dan terbiasa bangkit jam 3 dini hari atau bahkan jam 2 dini hari kita sudah terjaga. Tetapi kenapa sesudah Ramadhan berlalu kita kembali kepada kebiasaan lama, jangankan untuk shalat tahajud, shalat subuh berjamaah di masjid saja kadang tertinggal.
 
Lalu bagaimana semoga kita bisa istiqamah bangkit malam untuk shalat tahajud? Berikut tips tips semoga terbiasa tahajud ala orang awam. Agar kita sanggup bangkit pada sepertiga malam untuk melaksanakan tahajud ada hal-hal yang perlu kita persiapkan diantaranya : 
  1. Niatkanlah bahwa malam ini kita akan melaksanakan tahajud. Dengan niat yang sungguh-sungguh Insya Alloh kita akan dimudahkan oleh-Nya sehingga sanggup meklasanakan tahajud atau qiyaamullail. Jika kita kebablasan malam ini jangan frustasi berusaha lagi semoga kita bisa bangkit untuk shalat tahajud pada hari berikutnya.
  2. Hindari hal-hal maksiat pada siang harinya. Jika kita tidak sengaja sehingga melaksanakan maksiat cepat-cepat kita tobat kepada Alloh SWT. Dengan Tobat yang sungguh-sungguh.
  3. Tidurlah seawal mungkin. Mohonlah kepada Alloh untuk membangunkan kita pada sepertiga malam terakhir untuk shalat tahajud. Jangan lupa berdo’a dulu sebelum tidur. Saya yakin setipa muslim sudah mengetahui do’a sebelum tidur.
  4. Berwdulah sebelum tidur. Dengan kedaan suci Insya Alloh kita akan gampang untuk bangkit pada sepertiga malam terakhir.
  5. Kalo perlu nyalakan alarm. Dan dikala alarm berbunyi cepat-cepat kita bangun, mandi atau kalo kita tidak terbiasa mandi pagi cukup dengan berwudu. Jangan menunda-nunda bangkit dari sempurna tidur dikala kita mendengar alarm sebab jikalau kita berleha-leha apalagi berkata dalam hati nanti sebentar lagi maka baiasanya, pengalaman aku nih, akan kebablasan dan kesiangan jangankan shalat tahajud subuh berjamaah di masjid saja mungkin tidak sempat.

Demikian tips semoga terbiasa tahajud ala orang awam. Semoga bermanfaat, kalo ada yang menambahkan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga keberkahan hidup dunia dan darul abadi bisa kita raih. Aamiin!

0 Comments

Posting Komentar