Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda

Halo Pelanggan Rajasoal.com- Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda
 
Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini mungkin sama dengan pepes jamur tiram lainnya. Namun, saya mengkreasikan cara pembuatannya supaya cita rasanya pas dilidah orang Sunda. Kebetulan juga saya orisinil orang Sunda. Namun bagi Anda yang bukan orang Sunda jangan khawatir, alasannya ialah Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini cocok buat semua kalangan dari suku mana saja Anda berasal.
 
Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda sangat gampang di buat. Saya yakin siapapun bisa berkreasi dengan materi baku jamur tiram ini. Buktinya saya bisa membuatnya, bahkan saya bisa menciptakan Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini semenjak lama, sebelum saya menikah.
 
Sebelum membahas bagaimana menciptakan Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda, ada kisah menarik antara saya dan jamur tiram. So, izinkan saya bercerita sedikit saja ya…!
 
Pertama kali saya mengenal si Jamur Tiram ketika saya masih tinggal di desa kelahiran. Waktu itu saya gres lulus kuliah dan belum punya pekerjaan. Suatu hari saya bertemu dengan seorang teman dalam sebuah program pengajian perjaka di desa saya. Dia bercerita perihal kesibukannya dalam akal daya jamur tiram. Mendengar ceritanya saya jadi tertarik. Sejak itu saya sering berkunjung ke rumahnya melihat bagaimana cara akal daya jamur tiram, dari mulai menyipkan bahan/media untuk menanam bibit, perawatan, panen serta pasca panen.
 
Dia juga bercerita bagaimana prospek dalam perjuangan akal daya jamur tiram di tempat kami. Saat itu sangat langka orang yang melirik  perjuangan ini. Bahkan waktu itu kami membeli bibitnya saja harus ke tempat lain/Kabupaten lain alasannya ialah pada waktu itu kami belum bisa menciptakan bibit sendiri dengan banyak sekali kendala.
 
Akhirnya kami dikala itu setuju untuk membentuk kelompok pumuda tani yang bergerak secara khusus dalam akal daya jamur tiram. Mulai dari situ, di Desa saya ada sekitar 6-8 orang perjaka termasuk saya yang membudidayakan jamur tiram. Sayang kelompok perjaka tani tersebut kini hanya tinggal kenangan. Namun, banyak sekali sajian olahan berbahan dasar jamur tiram mulai dari oseng jamur tiram, sop jamur tiram, mie jamur tiram, bakwan jamur tiram (dalam bahasa sunda bala-bala), jamur tiram krispi, dan pepes jamur tiram pernah dan sering saya buat. Baik untuk diri sendiri dan keluarga atau untuk jamuan bila ada teman berkunjung ke rumah. 

Akan tetapi, ada yang belum pernah saya buat, yakni resep sate jamur tiram. Insya Alloh deh lain waktu kalau ada waktu luang saya mau coba menciptakan dan nanti saya share.
 
Alhamdulillah, walaupun kini saya sudah punya istri dan tidak membudidayakan lagi jamur tiram tapi menciptakan aneka resep dari jamur tiram tersebut masih bisa. Bahkan resep-resep jamur tiram sering menjadi bekal makan anak saya ke sekolah. Salah satunya Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini. Bahan-bahannya kini saya dapatkan dengan membeli di pasar yang tidak jauh dari rumah.

Maaf ya ceritanya jadi ngelantur.

Baiklah kini kita fokus pada pembahasan pada dasarnya yakni menciptakan Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda. 

Bahan Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda
  • 250 gram jamur tiram segar, siangi dan basuh hingga bersih
  • 2 buah cabe merah besar, iris serong
  • 2 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 1 buah tomat merah, iris-iris tipis
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  • Lidi/tusuk sate secukupnya untuk menyemat
Bumbu Halus Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
Cara Membuat Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda
  • Campurkan menjadi satu dan merata, bumbu halus, irisan cabai, irisan tomat, garam, gula pasir, dan jamur tiram
  • Siapkan selembar daun pisang, taruh 2 sendok makan campuran jamur tiram kemudian bungkus dan semat ujung-ujungnya dengan lidi/tusuk sate. Lakukan hingga campuran habis.
  • Kukus selama kurang lebih 20 menit. Lalu sesudah matang diangkat dan panggang sebentar di atas api. Kemudian sajikan sebagai teman nasi putih Insya Alloh halal dan nikmat.
Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda tersebut saya buat untuk dua porsi. Anda bisa berkreasi sesuai selera keluarga Anda dengan materi utama jamur tiram ini. Artinya Resep Pepes Jamur Tiram Ala Sunda ini tidak bersifat mutlak.
                                                              Selamat berkreasi!

0 Comments

Posting Komentar