Pengertian Pemerolehan Bahasa Anak Berdasarkan Para Ahli

Definisi atau Pengertian Pemerolehan Bahasa Anak Menurut Para Ahli_Menurut Wikipedia, Pemerolehan bahasa atau akuisisi bahasa (bahasa Inggris: language acquisition) yakni proses insan mendapat kemampuan untuk menangkap, menghasilkan, dan memakai kata untuk pemahaman dan komunikasi. Kapasitas ini melibatkan aneka macam kemampuan ibarat sintaksis, fonetik, dan kosakata yang luas. Bahasa yang diperoleh bisa berupa vokal ibarat pada bahasa verbal atau manual ibarat pada bahasa isyarat. Pemerolehan bahasa biasanya merujuk pada pemerolehan bahasa pertama yang mengkaji pemerolehan anak terhadap bahasa ibu mereka dan bukan pemerolehan bahasa kedua yang mengkaji pemerolehan bahasa pelengkap oleh belum dewasa atau orang dewasa.
Definisi atau Pengertian Pemerolehan Bahasa Anak Menurut Para Ahli Pengertian Pemerolehan Bahasa Anak Menurut Para Ahli

Pengertian Pemerolehan Bahasa Menurut Para Ahli

1. Pengertian Pemerolehan Bahasa Menurut Stork dan Widdowson
Menurut Stork dan Widdowson (1974:134), pemerolehan bahasa dan akuisisi bahasa yakni suatu proses belum dewasa mencapai kelancaran dalam bahasa ibunya.

2. Pengertian Pemerolehan Bahasa Menurut Lyons
Lyons (1981:252), mengungkapkan bahwa pemerolehan bahasa yakni suatu bahasa yang digunakan tanpa kualifikasi untuk proses yang menghasilkan pengetahuan bahasa pada penutur bahasa. Artinya, seorang penutur bahasa yang dipakainya tanpa terlebih dahulu mempelajari bahasa tersebut.

3. Pengertian Pemerolehan Bahasa Menurut Huda
Menurut Huda (1987:1), pemerolehan bahasa yakni proses alami di dalam diri seseorang menguasai bahasa. Pemerolehan bahasa biasanya didapatkan hasil kontak verbal dengan penutur orisinil lingkungan bahasa itu. Dengan demikian, istilah pemerolehan bahasa mengacu ada penguasaan bahasa secara tidak disadari dan tidak terpengaruh oleh pengajaran bahasa perihal sistem kaidah dalam bahasa yang dipelajari.

4. Pengertian Pemerolehan Bahasa Menurut Maksan
Menurut Maksan (1993:20), pemerolehan bahasa (language acquisition) atau akuisisi bahasa  adalah suatu proses penguasaan bahasa yang dilakukan oleh seseorang secara tidak sadar, implisit, dan informal.

5. Pengertian Pemerolehan Bahasa Menurut Tarigan dkk
Menurut Tarigan dkk (1998), pemerolehan bahasa yakni proses pemilikan kemampuan berbahasa, baik berupa pemahaman atau pun pengungkapan secara alami, tanpa melalui aktivitas pembelajaran formal.

6. Pengertian Pemerolehan Bahasa Menurut Dardjowidjodjo
Dardjowidjodjo (2003:225) menyatakan bahwa pemerolehan bahasa yakni proses penguasaan bahasa yang dilakukan oleh anak secara natural waktu ia berguru bahasa ibunya.

Demikian perihal Pengertian Pemerolehan Bahasa Menurut Beberapa Ahli. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar