Keutamaan Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijjah

Halo Pelanggan Rajasoal.com- Keutamaan Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijjah
 
Foto : Bersama Dakwah
Salah satu puasa yang sangat dianjurkan yaitu puasa sunnah arafah. Puasa sunnahh arafah dilakasanakan pada tanggal 9 dzulhijjah atau satu hari sebelum hari raya Idul Adha. Ketika para jemaah haji di tanah suci wukuf di Arafah maka para kaum muslimin yang tidak melakasanakan ibadah haji di sunnahkan melaksnakan puasa arafah. Walaupun hukumnya sunnah muakad tetapi barang siapa yang sanggup melaksanaknnya maka akan menerima keutamaan puasa sunnah arafah 9 dzulhijjah yang luar biasa bahkan lebih besar dari keutamaan puasa asyura.
 
Keutamaan puasa sunnah arafah 9 dzulhijjah menurut beberapa hadits shahih yaitu sanggup menghapus dosa selama dua tahun yaitu satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya. Hal ini menurut keterangan yang disampaikan baginda Rasulullah Shalallahu alihi Wasalam.
 
Rasulullah Shallallahu ‘Alihi Wasallam di tanya ihwal puasa pada hari arafah, kemudian dia menjawab, “puasa pada hari arafah itu menghapus dosa satu tahun yang kemudian dan satu tahun berikutnya” (HR. Muslim)
 
Dalam riwayat lain, dari Abi Qatadah, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, ada seorang pria bertanya kepada Nabi, “Bagaimanakah puasa hari arafah?” Beliau menjawab, “Dia dicatat di sisi Allah sebagai penghapus dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya” (HR. Ahmad)
 
Dari keterangan di atas,  kiranya cukup terperinci ihwal keutamaan puasa sunnah arafah 9 dzulhijjah yang sungguh besar. Maka berbahagialah orang yang sanggup melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan kekhusyuan. Semoga kita termotivasi dan senantiasa diberikan akomodasi untuk melaksanaknnya. Aamiin!
Wallahu’alam



0 Comments

Posting Komentar