Keuntungan Puasa 6 Hari Di Bulan Syawal Dan Perhitungannya

Halo Pelanggan Rajasoal.com- Keuntungan Puasa 6 Hari Di Bulan Syawal dan Perhitungannya
 
Beberapa tahun yang lalu, pada hari kedua di bulan syawal anak saya yang paling besar, bertanya Abi kenapa Abi puasa lagi padahal Ramadhannya kan sudah selesai? Pertanyaan itu menciptakan saya harus menjelaskan kepadanya apa saja keuntungan puasa 6 hari di bulan syawal dan hukumnya.
 
Begini teteh, Ramadhan memang sudah berlalu dan kita sudah melaksanakan puasa selama satu bulan. Kemarin kita merayakan ‘Idul Fitri. Pada hari raya kita diharamkan untuk berpuasa tapi kita disunahkan berpuasa 6 hari di bulan syawal. Artinya kita sanggup mulai puasa pada tanggal 2 syawal dan seterusnya.
 
Pusa 6 hari di bulan syawal boleh dilakukan secara berurutan, contohnya dari tanggal 2-7 syawal atau tidak berturut-turut yang penting selama 6 hari dan  masih pada bulan syawal.
 
Keuntungan puasa 6 hari di bulan syawal banyak diantaranya:

1.    Akan mendapat pahal menyerupai puasa selama satu tahun
 
Rasulullah Muhammad Shalallahu‘alaihi Wasalam bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dan yang lainnya yaitu barang siapa yang puasa dibulan ramadhan kemudian diikuti dengan pauasa selama 6 hari di bulan syawal maka ia seperi pauasa selama satu tahun

Dalam haditsnya yang lain dari Ibnu Majah Nabi Muhammad menyampaikan barang siapa berpuasa 6 hari di bulan syawal selepas ‘Idul Fitri maka ia sudah menyempurnakan puasa setahun penuh, alasannya ialah barang siapa saja yang melaksanakan kebaikan maka akan dibalas  dengan sepuluh kebaikan semisal.

2.    Akan mendapat pahala 10 kali lipat
 
Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wasalam memperlihatkan penejelasan dalam hadits berikut yang berbunyi: Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal sesudah 'Idul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat.
 
Nabi Muhammad juga memperlihatkan klarifikasi kepada kita lewat hadits lain yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i dan Ibnu Majah yaitu Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan 10 kali lipat dan puasa Ramadhan setara dengan berpuasa selama sepuluh bulan. dan puasa 6 hari di bulan syawal yang menggenapkannya satu tahun.
 
Meskipun hukumnya sunah, namun jikalau kita sanggup sebaiknya lakukan dengan ihklas, Insya Allah akan banyak keuntungan puasa 6 hari di bulan syawal  yang akan kita dapatkan menyerupai klarifikasi tadi.
 
Maka jikalau kita puasa selama satu bulan berarti kita mendapat pahala sepuluh bulan dan puasa 6 hari di bulan syawal sama dengan 60 kali lipat yang artinya 2 bulan. jadi begitu perhitungannya kenapa kalau kita puasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh kemudian diiringi dengan 6 hari di bulan syawal menyerupai puasa selama satu tahun.
 
Nah begitu perhitungan dan keuntungan puasa 6 hari di bulan syawal. Semoga postingan ini bermanfaat dan menjadi motivasi untuk kita senantiasa berlomba-lomba dalam amal shaleh.

0 Comments

Posting Komentar