Cara Gampang Mendidik Anak Supaya Tidak Materialistis

Cara Praktis Mendidik Anak Agar Tidak Materialistis_Di zaman modern ini, gaya hidup menjadi semakin materialistis. Semuanya diukur dengan kemewahan dan uang, hal yang kemudian menularkan sikap negatif kepada generasi muda, belum dewasa yang kita cintai. Sangat disayangkan apabila belum dewasa kita dipengaruhi zaman dan menyebabkan mereka bersifat materialistis. Sebagai orangtua, kita memiliki kewajiban untuk mendidik mereka dengan baik. Lalu bagaimana cara mendidik anak biar tidak menjadi materialistis?.
Cara Praktis Mendidik Anak Agar Tidak Materialistis Cara Praktis Mendidik Anak Agar Tidak Materialistis
Berikut ialah beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk mendidik belum dewasa biar tidak menjadi materialistis :

1. Biasakan belum dewasa untuk hidup bersahaja
Ajari dan biasakan belum dewasa kita untuk hidup bersahaja. Jauhkan dari mainan mahal yang tidak begitu diperlukan mereka. Tak perlu pergi ke hotel atau restoran mahal, tapi ajari mereka wacana kesederhanaan dan bahwa kebahagiaan tak selalu didapat dengan harga yang mahal.

2. Ajari belum dewasa untuk membuatkan kebahagiaan
Sejak dini, kita sanggup tanamkan kepada belum dewasa kita kepedulian kepada orang lain. Ajari mereka untuk membuatkan kebahagiaan dengan orang lain yang kurang beruntung. Dengan demikian, belum dewasa kita akan tumbuh menjadi orang yang peka terhadap sesama dan jauh dari sifat egois.

3. Kenalkan belum dewasa kepada Tuhan dan agama semenjak dini
Iman ialah pilar utama yang akan membentuk aksara belum dewasa kita. Untuk itulah kita sebagai orangtua harus mengajari belum dewasa kita biar taat kepada Tuhan dan mempelajari agama dengan baik.

4. Ajari belum dewasa untuk mandiri
Berikan belum dewasa kita jatah uang dalam jumlah tertentu dan biarkan ia mengaturnya sendiri untuk waktu 1 ahad atau 1 bulan. Dengan cara ini belum dewasa kita akan berguru mengatur uang untuk keperluannya, sehingga ia akan berpikir secara mandiri. Hal yang perlu diingat ialah jangan hingga kita memperlihatkan uang yang terlalu besar jumlahnya atau berlebihan.

5. Tunjukkan bahwa kebersamaan itu indah
Ajari belum dewasa kita untuk bersikap baik kepada siapa pun. Tunjukkan bahwa kebersamaan ialah hal yang paling sanggup memperlihatkan kebahagiaan. Berikan mereka ruang untuk bercerita atau berkeluh kesah. Dengan cara ini belum dewasa kita akan terhindar dari pelarian psikis yang biasanya mengarah kepada foya-foya atau hal negatif lainnya.

Demikian artikel wacana cara mendidik anak biar tidak menjadi materialistis. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar