Berbagai Penyebab Mata Merah Dan Cara Gampang Mengatasinya

Berbagai Penyebab Mata Merah dan Cara Praktis Mengatasinya_Mata merah yang niscaya juga dibarengi dengan rasa pedih bahkan sakit kepala tentu sangat mengganggu acara Anda sehari-hari. Karenanya, Anda perlu tahu banyak sekali penyebab mata merah dan cara mengatasinya berikut ini.
Berbagai Penyebab Mata Merah dan Cara Praktis Mengatasinya Berbagai Penyebab Mata Merah dan Cara Praktis Mengatasinya
Penyebab dan Cara Mengobati Mata Merah

1. Adanya Infeksi pada Mata
Jika mata Anda merah dan diiringi dengan meningkatnya produksi kotoran mata yang muncul dan terlihat di bulu mata dan sudut mata serta rasa gatal dan pedih atau terbakar, maka umumnya hal ini terjadi lantaran adanya jerawat pada mata Anda yang disebabkan oleh baik virus maupun bakteri. Kondisi mata merah menyerupai ini dinamakan dengan konjungtivitis. Infeksi ini menyerang konjungtiva, yaitu selaput tipis yang menyelimuti kelopak dan bola mata Anda.

Kebanyakan masalah konjungtivitis tidak memerlukan perawatan khusus lantaran dalam kurun waktu 2 minggu, gejalanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, untuk kenyamanan Anda sanggup membersihkan kotoran yang ada di kelopak dan bulu mata Anda memakai kapas dan air untuk menghilangkan kerak lapisan kotoran tersebut.

Jika Anda merasa mata Anda semakin merah dan tidak nyaman, maka periksakan diri ke dokter. Biasanya, obat tetes mata antibiotik akan diresepkan untuk konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri. Sedangkan untuk konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi, maka dokter akan meresepkan obat anti histamine.

2. Adanya Benda Asing yang Masuk ke Mata
Benda abnormal yang paling umum masuk ke mata Anda ialah debu, terutama bila Anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan dalam keseharian Anda. Selain itu, benda abnormal yang biasanya menjadi penyebab mata merah ialah serbuk bumbu yang dipakai di dapur ketika memasak, bahkan serangga kecil.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka hal pertama yang harus Anda ingat ialah jangan menggosok atau mengucek mata Anda. Jika Anda memakai lensa kontak, segera lepaskan sehabis mencuci tangan Anda. Duduklah di depan beling dan tarik pelan kelopak mata atas dan bawah Anda di bawah pencahayaan yang cukup untuk menemukan benda abnormal yang masuk ke mata Anda, atau mintalah tolong pada orang lain untuk melaksanakan hal ini.

Jika benda abnormal terdapat di kepingan putih mata, maka cobalah bersihkan dengan cara membasuhnya dengan air atau cobalah tarik dengan sentuhan lembut memakai ujung sapu tangan yang lembab dan bersih. Jika benda abnormal ada di kelopak mata, maka cobalah tarik kelopak mata Anda ke atas dan bawah untuk mengeluarkannya. Segera minta santunan medis bila benda abnormal tidak sanggup keluar dan Anda semakin terganggu.

3. Kurangnya Produksi Air Mata
Air mata sangatlah diharapkan untuk menjaga kelembaban mata Anda. Jika air mata ini gagal diproduksi, maka mata Anda akan menjadi kering dan menimbulkan mata menjadi merah. Penyebab utama kurangnya produksi air mata ini ialah berada di ruangan yang memakai AC dalam kurun waktu yang lama, bekerja menghadap layar komputer atau laptop selama lebih dari 3 jam tanpa beristirahat, mengadakan perjalanan memakai pesawat, atau bersepeda dengan frekuensi yang sering.

Cara mengatasi mata merah jawaban kurangnya produksi air mata ialah dengan memakai obat tetes mata yang banyak beredar di pasaran. Namun untuk selanjutnya, Anda perlu mengubah gaya hidup Anda. Mulailah minum air dan mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan jumlah yang cukup. Jangan biasakan menggosok-gosok mata Anda dan gunakanlah kacamata pelindung untuk memperlambat penguapan air mata.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk menghadap komputer atau laptop sepanjang hari, pastikan pula Anda beristirahat setiap 2-3 jam dan mengalihkan pandangan ke hal-hal yang menyegarkan, contohnya pepohonan.

0 Comments

Posting Komentar